Recovery pasca banjir 2020

Tulisan disini lebih tepat, membagi pengalaman saya ketika di bulan Januari 2020 kemarin banjir melanda hingga ketinggian 1,4 m, aktivitas apa yang saya lakukan terhadap pohon tin dimana seluruhnya tergenang dan beberapa bibit ukuran kecil hanyut. Banjir surut kurang lebih 2-3 hari, lumpur yang menempel di seluruh bagian batang pohon tin membuatnya layu.

Langkah yang saya lakukan antara lain”

01.

Menggunduli semua daun yg menempel, yg sudah kering tentunya, kemudian menyikat batang agar semua lumpur hilang sambil disempot air. Karena lumpur yang menempel di batang dapat membuatnya busuk

02.

Memotong bagian batang atas yang berlendir, sekaligus tambah dan aduk media tanam, karena sebagian besar medianya terlihat berkurang, jadi perlu ditambahkan dengan kompos, kohe dan sekam bakar.

03.

Jangan lupa menyikat pot/ planterbag agar menjadi kinclong kembali sehingga sedap dipandang, sambil dicek kelembapannya (jika memiliki alat ukur) atau angkat pohon tersebut, jika masih berat berarti tidak perlu di siram, hanya ditambahkan kapur dolomit untuk mengurahi keasaman pH.

04.

Tunggu beberapa hari, sambil dicek batang pohon tersebut, jika ditemukan ada yang berlendir, potong bagian tersebut, jangan khawatir menjadi pendek, lebih penting dipotong agar tidak menyebar ke bagian bawah.

Harus saya akui, yang di foto terlihat selamat semua, namun realitanya, ada 4 pohon besar yang mati (tidak berhasil diselamatkan). Busuk batang merembet ke bawah, hingga batang abis dan akhirnya kering. Akhirnya saya mengambil stok pohon tin yang ditanam di Cibinong, Bogor.

Tips dari saya jika ingin tanaman anda tumbuh subur, sering mengecek kondisinya, pelajari masalah beserta solusi yang sering melanda tanaman anda, misal jika pertumbuhan stagnan, atau daun berubah warna, ada kemungkinan pH terlalu asam, atau media kurang porous, atau ada hama kutu kebul yang menyerap nutrisi tanaman anda. Jika anda cepat mengantisipasinya, InsyaaAllah pertumbuhan tanaman anda akan normal.

salam nandur

C.TE

Back to Top
× Hai, butuh bantuan?