Jin Ao Fen atau Orphan

Dari informasi yang saya dapat di internet sebenarnya varian Jin Ao Fen adalah dari California – USA kodenya A212, Jin artinya kuning atau emas, kemudian Ao Fen sama dengan orphan. Jika kita browsing varian orphan mirip banget, dari segi alur garis pada buah, warna dalam/ dagingnya hingga luar.

Kadang ketika saya baca komentar dari para senior, mereka berfikir simpel tentang buah tin, yaitu buah merah, kuning, hijau, hitam atau belang. dari segi ukuran apakah besar atau sedang, lalu rasanya bagaimana. Mungkin mereka sudah dipusingkan dengan persamaan nama bertahun-tahun lalu, sehingga sekarang berpikir sederhana ūüôā

Varian ini saya dapat dari Om Fajar, Rafa Farm Ciledug, ini hasil graftingan dengan loa. Sudah berusia setahun lebih sedikit namun belum pernah berbuah di tempat saya, tapi memang dari informasi di internet jenis ini suka dengan full sun. Sedangkan di tempat saya hanya 4-5 jam terkena sinar matahari, mungkin faktor itu yang menyebabkan varian ini belum berbuah, karena di tempat om fajar jenis ini lumayan genjah (sering berbuah)

Varian ini memiliki buah berwarna kuning, dengan ukuran buah besar. Jenis yang tahan banting, karena beberapa varian ketika musim hujan atau bahkan terkena banjir (tergenang lumpur) berhari-hari mengalami busuk akar dan batang. Beberapa kolektor dan kebun tin di luar sana memasukkan varian orphan/ JAF ke dalam koleksinya, jadi varian ini banyak disukai penggiat tin.

JAF usia 3 bln
JAF usia 5 bln pasca dicangkok
JAF usia 8 bln
JAF usia 11 bln
JAF usia 4 bln
JAF usia 5 bln
JAF usia 8 bln
JAF usia 11 bln
Back to Top
× Hai, butuh bantuan?