Noire de Caromb

Ini pohon tin yang pertama saya miliki dan langsung ditempatkan ke pot diameter 50 cm sewaktu datang fresh cangkoknya, saya beli online di toped. Saat itu pikiran saya keren namanya, buahnya hitam manis, tapi hingga saat ini (2 tahun lamanya) pohon varian ini tak kunjung berbuah, saya sih masih bersyukur karena walaupun belum merasakan buahnya, bibit cangkok yang dihasilkan pohon ini sudah banyak.

Varian ini berasal dari Perancis, tepatnya desa Caromb, namun setelah saya baca beberapa artikel di internet, varian ini memiliki banyak kesamaan dengan Kathleen’s Black, bahkan beberapa bilang ini memang serupa, hanya beda nama, selain itu di beberapa tempat ada yang menyebutnya: Argusela, Douqueira Negra, Perroquine. Tapi daripada bingung sebut saja ini buah hitam keunguan yah ūüôā

Tangkai daun varian ini berwarna merah jambu, seperti interior buahnya, daunnya berjari lima dengan bentuk gemuk. Bisa dibilang ini tahan banting, karena dari banjir Januari 2020 kemarin, terendam lumpur berhari-hari namun tetap bertahan hidup, ketika fc datang langsung dipindah ke pot aja numbuh, potnya pun tidak perlu diberi lubang tambahan, medianya hanya beli yang siap pakai tanpa campur sekam. Memang dari artikel saya baca jenis ini tahan terhadap cuaca ekstrim.

Berikut terlihat foto-foto varian NDC dari dua tahun lalu hingga saat ini, oiya saya menempatkan pohon ini di depan rumah (menghadap timur), jadi sinar matahari hanya terpapar kurang dari 5 jam. Saya sedang mencoba bibit NDC ini diletakkan menghadap selatan, InsyaaAllah kita akan lihat bagaimana perkembangannya.

C.TE

Back to Top
× Hai, butuh bantuan?