Popone

Beberapa nama saya temukan adalah regato popone, saya pun dulu mengiranya begitu atau fico popone, di sini saya coba untuk meluruskan dari informasi yang didapat, ternyata yang benar adalah rigato popone, rigato adalah bahasa Itali yang artinya strip atau belang. Sedangkan fico bahasa itali dari fig atau buah tin.

Varian belang ini asalnya dari pulau elba, Tuscany – Italia. Jika melihat dari lukisan Bartolomeo Bimbi ternyata di sudut meja tersebut adalah varian ini, bentuk buah lonjong dan belang, begitupun dengan lukisan A. Targiono Tozzetti. Keduanya pelukis asal Itali dan varian ini berasal dari negara tersebut.

Saya mendapatkan varian ini dari hasil hibah cutting (makasih om atha) sebatang saya jadikan dua, satu di stek, satu lagi di grafting ke pohon loa, qodarullah yang hidup hasil grafting, sempat khawatir belangnya akan hilang kemudian karakter daun berubah, namun ternyata aman jaya.

Belum banyak info yang saya dapat mengenai varian ini, jika saya amati warna kuning di batang varian popone ini lebih terang dan dominan dibanding panache, daunnya berbeda jauh dengan panache, popone lebih ramping dan menjari. Dari segi buah, belum punya pengalaman, karena belum pernah berbuah, usia pohon belum setahun.

Mengenai rasa buah dan kematangan yang saya dapat dari forum ourfig, di Amerika buah masih sering rontok di usia pohon dua tahun, tidak seperti di negara asalnya Itali, di sana sudah sangat adaptif. Untuk proses buah matang seperti varian buah belang lain, kemudian semakin lama garisnya pudar ketika matang.

Lukisan A. Targioni Tozzetti tahun 1825
Lukisan Bartolomeo Bimbi, tahun 1696

Jika di Amerika dan Itali buahnya berbentuk lonjong, mudah-mudahan di tempat saya berhasil berbuah juga, entah bulat atau lonjong, InsyaaAllah akan saya update lagi perkembangannya kedepan.

sumber: ourfig, viaggiatore971

C.TE

pondoktin.com

Back to Top
× Hai, butuh bantuan?