Posted on Leave a comment

Mengenal Pohon Tin

Awal mula saya mengenal pohon tin ketika anak pertama saya sedang semangat menghafal ayat Al-Quran, berdasarkan pengalaman saya jika ada stimulan, proses menghafal ternyata lebih cepat, alhasil saya memutuskan untuk membeli pohon tin dan zaitun. Alhamdulillah ternyata setelah memiliki 2 jenis pohon tersebut anak saya berhasil hafal dengan cepat, sambil menyiram dialog iman disampaikan ke anak saya.

Pohon tin pertama yang saya beli yaitu NDC (Noire de Caromb) karena waktu awal saya beli, saya pilih berdasarkan testimoni dari beberapa orang bahwa buah tin varian ini rasanya lebih manis dibandingkan varian lain, selain itu buahnya berwarna hitam, jadi lebih mudah membedakan antara matang dan mentah, tidak seperti varian green yordan ataupun buah hijau yang lain.

Posted on Leave a comment

Jumat berkah

Project ini tercetus spontan, latar belakangnya dikarenakan saat ini banyak masjid yang saya datangi sudah banyak menanam pohon yang disebut di Al Quran, seperti, kurma, zaitun dan tin. Namun kebanyakan baru masjid besar yg mulai menanam, sedangkan masjid kecil atau musholla belum banyak. Berdasarkan hal tersebut ketika saya belajar tentang menanam pohon tin, dengan keterbasan lahan pun dapat dirasakan manfaatnya, misal dengan ditanam di pot/ planter bag, pohon tin mampu berbuah tak kenal musim, bahkan tidak perlu menunggu waktu lama, belum satu tahun pohon tin sudah bisa berbakti.

Alhamdulillah project ini berjalan lancar, bahkan diluar ekspektasi, ketika saya share di grup wa internal, ternyata penghuni grup tersebut men-share postingan saya dan beberapa menit berlalu bermunculan yg dm ke no wa pondok tin. Ketika sy share di ig, responnya semakin banyak, bahkan stok 5 pohon belum sampai 2 jam sudah di booked, banyak yg menginginkan project ini bisa dijalankan bukan hanya untuk Kota Tangerang, melainkan kota-kota besar lain, masukan ini berusaha sy tampung, insyaAllah akan sy sampaikan ke petani tin di Jabodetabek.

Di sini sy update beberapa Masjid dan musholla yang kemarin mendapatkan pohon tin dari kami:

  • Masjid Al- Ikhlas, Jl. Halim perdana kusumah, Jurumundi, Kota Tangerang
  • Musholla Akasia, Cluster Akasia, Taman Royal 3, Kota Tangerang
  • Masjid Al-Istiqomah, Jl Gn. Sumbing, Giri Loka, Tangerang Selatan
  • Masjid Al-Ikhlas, Villa Dago, Serpong, Tangerang Selatan
  • ….. ( sudah booked, tapi belum di ambil)

Serunya project ini walaupun sudah tertera di flyer yg kami buat, hanya sekitar Kota Tangerang, namun beberapa wilayah lain seperti Tangerang Selatan banyak yg berminat, akhirnya kami berkompromi untuk diluar Kota Tangerang selama bisa dijangkau oleh ojek online akan kami berikan dengan catatan biaya ojol ditanggung penerima.

Semoga pohon tin yang sudah tersebar mampu tumbuh subur dan membawa manfaat di tempat barunya, InsyaAllah kami akan buat project ini konsisten dilakukan setiap Jumat, agar masyarakat luas dapat mengambil manfaat yang sangat banyak dari pohon surga ini.

Salam,

Chandra pondoktin

Posted on

Cara Perbanyak Pohon Tin (stek)

Awal mula saya melakukan eksperimental memperbanyak pohon tin dengan cara stek, bukan dari pohon yang saya miliki, karena pohon yang saya beli pertama belum tumbuh besar, melainkan dengan membeli online, dari proses ini saya belajar banyak, karena memang banyak yang gagal daripada yang berhasil 🙂

Poin yang paling sering saya alami kegagalan adalah “leaf before root” muncul daun lebih dahulu daripada akar, karena dalam menanam saya masih amatir, ketika melihat daun tumbuh perasaan senang tentu tak terbendung, dengan keterbatasan pengetahuan, saya beranggapan daun butuh sinar matahari untuk berkembang, akhirnya saya jemur batang yang sudah muncul daun tersebut, beberapa jam kemudian daun layu, kering dan akhirnya tak terselamatkan. Dari proses ini saya belajar kembali mengenai cara stek pohon tin.